Senin, 23 November 2015

Zuppa Soup



 Image result for zuppa soup

 

Zuppa Soup ini pertamakali saya rasakan dalam sebuah acara resepsi pernikahan di Yogyakarta. Pertama kali nyoba aneh juga sampai akhirnya malah ketagihan dan cari-cari menu zuppa soup kalau pas nongkrong di cafe, semisal di cimory cafe.

Zuppa soupsendiri adalah sup kental dengan pastry ala croissant yang ditaruh diatasnya seperti topi dan disebut sup bertopi atau zuppa soup. Sup ini berasal dari Italia dan biasanya dikenal dengan nama Zuppa Toscana karena berasal dari daerah Toscana, Italia

 Ada banyak versi resep zuppa soup tapi karena kita mau bikin versi rumahan, maka kita pakai cara yang sederhana dulu yuk..

Bahan-bahan

- Sayuran, sesuaikan dengan selera anda, bisa jagung atau wortel atau lainnya

- 500 gram daging ayam, bagian daging potong dadu
- 1/4 buah bawang Bombay ukuran sedang
- 1 buah bawang putih yang sudah diiris tipis-tipis
- Garam secukupnya
- Lada bubuk secukupnya
- 1 sosis sebagai isian pelengkap
- 300 ml susu putih
- Setengah batang keju, parut halus
- 1/2 sdt lada
- 2 sdm mentega
- 2 sdm tepung terigu
- 1/2 kaldu blok

Bahan untuk isian bisa ditambah sesuai selera, demikian juga jenis daging yang diinginkan

Cara Memasak

  1. Tumis semua bahan isian, setelah matang sisihkan. Kemudian panaskan mentega, lalu masukkan terigu, aduk cepat hingga rata, masukkan susu putih sambil terus diaduk 
  2. Setelah tercampur rata tambahkan lada bubuk dan keju, jika terlihat terlalu kental tambahkan air sesuai tingkat kekentalan yang anda inginkan. Selanjutnya masukkan tumisan bahan isian tadi, aduk rata, angkat dan sisihkan.
  3. Siapkan cangkir, masukkan bahan isian ke dalam cangkir, cukup setengah cangkir saja agar tidak meluap. Potong pastry melebihi ukuran cangkir, dan olesi sedikit telur. Atur suhu oven hingga suhu 185 derajat Celsius.
  4. Masukkan zuppa soup ke dalam oven hingga matang. Ada baiknya jika anda gunakan api atas dan api bawah untuk membakar partsy sampai bagian atas parsty menggunung. Jika adonan parsty telah menggunung, kecilkan suhu hingga 160 derajat dan gunakan api bawah saja hingga parsty matang.
  5. Sajikan hangat lebih nikmat.
Gampang kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar